Beranda Berita Utama Selain KPPS Perempuan, Banjar Kertasari Peguyangan Siapkan “Door Prize” bagi Pemilih

Selain KPPS Perempuan, Banjar Kertasari Peguyangan Siapkan “Door Prize” bagi Pemilih

Hosting Indonesia

bvn/sar

KPPS PEREMPUAN – Anggota KPPS di enam TPS di Banjar Kertasari Denpasar yang khusus perempuan berfoto bersama didampingi Kepala Lingkungan Ketut Sunaka dan Kelian Banjar Gusti Ngurah Sardula, Minggu (11/2/2024).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Dalam rangka mendongkrak partisipasi pemilih, Banjar Kertasari Peguyangan membuat sejumlah terobosan. Di antaranya membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) khusus perempuan. Dari enam tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di banjar yang terletak di bilangan Jalan Ahmad Yani tersebut, semua anggota KPPS-nya perempuan. Selain membuat KPPS perempuan, Banjar Kertasari juga memberikan door prize bagi warga yang menggunakan hak pilihnya dengan aneka hadiah yang cukup bergengsi seperti kulkas, dispenser, kompor gas, serta 10 paket sembako.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Lingkungan Banjar Kertasari Ketut Sunaka didampingi Kelian Banjar Kertasari Gusti Ngurah Sardula pada acara koordinasi akhir KPPS, Minggu (11/2/2024). “Selain KPPS perempuan, kami juga menyiapkan door prize,” tegas Ketut Sunaka.

Tujuannya, ungkap Sunaka, pertama membuat KPPS perempuan (ibu-ibu dengan berseragam) di Lingkungan Kertasari Peguyangan, untuk merangsang warga atau masyarakat khususnya yang punya hak pilih datang ke TPS menggunakan hak pilihnya, berpartisipasi dan menyukseskan pemilu. Tujuan kedua, untuk kita tampil beda, memberikan contoh khususnya di Kota Denpasar semoga lingkungan atau banjar-banjar yang lain bisa mengikuti jejak Banjar Kertasari ke depannya.

KPPS perempuan di Banjar Kertasari.

Menurut Sunaka, cara kerja ibu-ibu secara menyeluruh sangat kompak dan cepat. Ibu-ibu selalu fokus dalam bekerja, cepat, dan betul-betul menyelesaikan pekerjaan. Namun sebelum itu, pihaknya tetap memberikan pembekalan secara teknis dari KPU dan juga pihak banjar. Itu sangat efisien.

Saat ini, Banjar Kertasari memiliki pemilih terbanyak di antara banjar-banjar yang ada di Kelurahan Peguyangan. Di Banjar Kertasari ada 6 TPS dengan jumlah keseluruhan pemilih 1.690 orang, 849 orang laki-laki dan 841 orang perempuan. Dia pun menargetkan partisipasi pemilih tahun ini meningkat menjadi minimal 70 persen, dari hanya 60 persen.

Baca Juga  Dibuka untuk Wisman, Warga dari 19 Negara Ditetapkan bisa Masuk Bali

Di bagian lain, Kelian Banjar Kertasari Gusti Ngurah Sardula menjelaskan, untuk meningkatkan partisipasi pemilih, pihaknya juga memberi perangsang kepada warga untuk bisa hadir berupa door prize. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi kepada negara dalam rangka pesta demokrasi. Dengan partisipasi ini, dia berharap ada peningkatan kualitas pemilu khususnya di Banjar Kertasari dan partisipasi pemilih pun meningkat.

Ditanya jenis door prize yang disiapkan, Sardula menyatakan ada kulkas, dispenser, kompor gas dan 10 paket sembako. Selain itu, karena bertepatan dengan Hari Valentine, pihaknya menyediakan bunga mawar kepada undangan dan pemilih sebagai simbol kasih sayang. Untuk ini, banjar pun menyiapkan dana sekitar Rp 7,5 juta untuk door prize dan kebutuhan lainnya. (sar)

Hosting Indonesia