Beranda Denpasar News Serahkan Antribut Kepada “Gen Dental” di Ajang DEF, Walikota Jaya Negara Apresiasi...

Serahkan Antribut Kepada “Gen Dental” di Ajang DEF, Walikota Jaya Negara Apresiasi Transaksi Digital di Sekolah

Hosting Indonesia

bvn/hmden

ATRIBUT – Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara saat memakaikan atribut kepada Duta Generasi Denpasar Digital (Gen Dental) serangkaian Denpasar Education Festival (DEF), Selasa (7/5) di Gedung Dharma Negara Alaya Lumintang Denpasar.

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengapresiasi pelaksanaan transaksi secara digital di lingkungan sekolah-sekolah yang ada di Kota Denpasar. Hal tersebut disampaikan Walikota Jaya Negara saat menyerahkan atribut kepada Duta Generasi Denpasar Digital (Gen Dental) serangkaian Denpasar Education Festival (DEF), Selasa (7/5) di Gedung Dharma Negara Alaya Lumintang Denpasar.

Gen Dental telah dikukuhkan yang menyasar siswa SMP negeri dan SMP swasta di Kota Denpasar, serta telah menunjukan kerja nyata dengan melaksanakan edukasi pada tahun 2023 dalam transaksi digital di lingkungan sekolah. “Kami mengapresiasi peran Duta Gen Dental di lingkungan sekolah, peran mereka sangat penting dalam mempromosikan kesadaran akan penggunaan teknologi yang bertanggung jawab, mengedukasi teman-teman sebaya tentang literasi digital,” ujar Walikota Jaya Negara.

Lebih lanjut Jaya Negara menjelaskan, Pemkot Denpasar meluncurkan Gen Dental, yakni siswa-siswi yang menjadi duta literasi dan digitalisasi keuangan. Dalam peluncuran Gen Dental tahun ini menyasar 70 siswa siswi dari sekolah swasta setelah tahun sebelumnya dari sekolah negeri. Hak ini diharapkan menjadi contoh positif dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran dan pengembangan diri. Mereka juga dapat membantu memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang mendukung inovasi dan kreativitas di dalam sekolah.

Di samping itu, Jaya Negara juga mengharapkan edukasi ini dapat diterapkan dalam transaksi digital disekolah, seperti kantin kejujuran, tabungan suka duka, dan lain-lain. Di tahun 2024 ini juga dilaksanakan kick off roadshow dan edukasi kepada 70 SMP di Kota Denpasar untuk membudayakan Transaksi Digital. “Mereka berperan sebagai duta yang mengedukasi bagaimana pentingnya menabung sejak dini dan percontohan dalam melakukan transaksi non tunai,” ujar Jaya Negara.

Baca Juga  Program Studi Sastra Bali Gelar Sosialisasi di SMAN 1 Dawan

Kepala Bapenda Denpasar, I Gusti Ngurah Eddy Mulya mengatakan, Program GenDental, sudah diluncurkan oleh Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara pada 14 Februari 2023 lalu. Awalnya SMPN 14 dan SMPN 2 Denpasar menjadi sekolah percontohan untuk penerapan program tersebut.

Saat ini sekolah yang telah menerapkan Gen Dental, segala jenis transaksinya menggunakan transaksi digital. Yakni mulai dari pembayaran uang komite, belanja di kantin, partisipasi dana punia, dan juga keberadaan kantin kejujuran. (wes/hmden)

Hosting Indonesia