Beranda Budaya Walikota Jaya Negara Lepas Parade Ogoh-ogoh Desa Dangin Puri Kangin

Walikota Jaya Negara Lepas Parade Ogoh-ogoh Desa Dangin Puri Kangin

Hosting Indonesia

bvn/hmden

PARADE OGOH-OGOH – Walikota Denpasar IGN Jaya Negara saat membuka parade ogoh-ogoh Desa Dangin Puri Kangin yang ditandai dengan membunyikan kulkul di Lapangan Gor Ngurah Rai Parkir Barat, pada Minggu (10/3).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Bertepatan dengan hari Pengrupukan, Desa Dangin Puri Kangin menggelar parade ogoh-ogoh yang dipusatkan di kawasan Lapangan GOR Ngurah Rai Parkir Barat, pada Minggu (10/3). Pada kesempatan itu, Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara hadir sekaligus melepas parade yang ditandai dengan membunyikan kulkul didampingi sejumlah tokoh masyarakat dan adat setempat.

Ditemui di sela kegiatan berlangsung, Walikota Jaya Negara menyampaikan apresiasi pelaksanaan parade ogoh-ogoh, yang juga turut melibatkan para sekeha teruna (ST) se-Desa Dangin Puri Kangin itu.

“Pelaksanaan parade ogoh-ogoh ini selain untuk menjalankan tradisi juga untuk pengembangan seni budaya di kalangan anak muda. Modernisasi boleh saja masuk di tengah kehidupan anak-anak kita, namun hal itu jangan sampai melunturkan jati diri budaya Bali. Kita harus cerdas dalam menyikapinya dan mengkombinasikannya dengan adat budaya kita sehingga dapat memperkuat kebudayaan khususnya di Kota Denpasar,” ungkap Jaya Negara.

Ketua panitia parade ogoh-ogoh Desa Dangin Puri Kangin I Gede Bagus Pradnyanata saat diwawancara mengatakan, parade ogoh-ogoh Desa Dangin Puri Kangin ini mengambil tema Abhipraya Khandra yaitu harapan yang bercahaya menuju Desa Dangin Puri Kangin yang sejahtera.

Lebih lanjut dikatakannya, adapun peserta parade ini sebanyak enam ST meliputi ST Eka Adnyana Br. Kereneng Kaja, ST Eka Pramana Br. Merta Rauh, ST Bhuwana Manggala Br. Kertha Bhuwana Kaja, ST Kertha Yowana Br. Kertha Bhuwana, ST Dharma Wijaya Kusuma Br. Merta Rauh Kaja, dan ST Mekar Sari Br. Kereneng.

Baca Juga  Desa Dauh Puri Kaja Bentuk dan Gelar Bimtek Tanggap Bencana

“Dalam parade ini untuk bahan pembuatan ogoh-ogohnya diwajibkan untuk menggunakan bahan organik. Hal ini sesuai dengan Peraturan Walikota No.36 Tahun 2018 tentang pengurangan penggunaan bahan plastik dan diimbaukan juga kepada setiap ST yang mengikuti pawai ogoh-ogoh agar tidak menggunakan sound system,” papar Bagus Pradnyanata.

Selebihnya, pihaknya juga mengungkapkan dalam perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1946 di Tahun 2024 ini, diharapkan akan berjalan kondusif. “Kami juga ingin mengimbau kepada masyarakat khususnya masyarakat Desa Dangin Puri Kangin agar bersama-sama menjaga ketertiban pada malam Pengerupukan,” lanjutnya.

Selain hadir pada parade ogoh-ogoh Desa Dangin Puri, pada malam itu, Walikota Jaya Negara juga meninjau pawai ogoh-ogoh yang beriringan melewati sepanjang Jalan Gajah Mada, dan juga di kawasan Catur Muka Kota Denpasar. Walikota Jaya Negara juga berkesempatan mengunjungi posko kesehatan yang berada di Kantor Walikota Denpasar, sembari membagikan 2.000 nasi bungkus kepada masyarakat yang hadir untuk menyaksikan kemeriahan pawai ogoh-ogoh tersebut. (wes/hmden)

Hosting Indonesia