Beranda Budaya Walikota Jaya Negara “Ngaturang Bhakti Pujawali” di Pura Agung Lokanatha Denpasar

Walikota Jaya Negara “Ngaturang Bhakti Pujawali” di Pura Agung Lokanatha Denpasar

Hosting Indonesia

bvn/hmden

NGATURANG BHAKTI – Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara Ngaturang Bhakti Pujawali di Pura Agung Lokanatha Denpasar, nemoning Purnama Sasih Kedasa, Minggu (24/3).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Pemerintah Kota Denpasar ngaturang Bhakti Pujawali di Pura Agung Lokanatha Denpasar nemoning Purnama Sasih Kedasa, Minggu (24/3). Hadir di tengah pemedek dan masyarakat untuk mengikuti rangkaian pujawali, Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede serta Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana.

Tampak hadir pula Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Widnyani Wiradana, Ketua PHDI Kota Denpasar I Made Arka dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar.

Diriingi suara gamelan dan kidung, pelaksanaan bhakti pujawali berlangsung khidmat. Diawali dengan pangilen Tari Rejang Renteng, Rejang Sari dan Topeng Wali, rangkaian pujawali dilanjutkan dengan persembahyangan bersama yang dipuput Ida Pedanda Gede Oka Karang, Griya Tegeh Lumintang.

Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, pujawali ini merupakan momentum bagi seluruh masyarakat umat untuk selalu eling dan meningkatkan srada bhakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa. Hal ini juga menjadi sebuah momentum untuk menjaga keharmonisan antara Parahyangan, palemahan, dan pawongan sebagai impelementasi dari ajaran Tri Hita Karana.

“Dengan pelaksanaan pujawali ini mari kita tingkatkan rasa sradha bhakti kita sebagai upaya menjaga harmonisasi antara Parahyangan, pawongan, dan palemahan sebagai impelementasi Tri Hita Karana,” ujar Jaya Negara.

Kabag Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Surya Antara mengatakan, pujawali di Pura Agung Lokanatha Denpasar dilaksanakan bertepatan dengan Purnama Sasih Kadasa. Ida Bhatara Nyejer selama satu hari untuk selanjutnya dilaksanakan penganyar dan penyineban pada Senin (25/3).

Baca Juga  Takjub Lihat Ogoh-ogoh, Ratusan Wisman Sambangi Kasanga Festival 2023

Alit Surya Antara mengaku bersyukur seluruh rangkaian piodalan berjalan lancar. Tahapan demi tahapan pujawali sudah terlaksana dengan baik sehingga dapat mendukung terciptanya keseimbangan alam semesta beserta isinya. “Kami berharap momentum pujawali ini menjadi wahana untuk meningkatkan bhakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa untuk mendukung keseimbangan alam semesta,” ujarnya. (wes/hmden)

Hosting Indonesia