Beranda Bali News Bea Cukai Ngurah Rai Musnahkan BMMN Senilai Rp 450 Juta

Bea Cukai Ngurah Rai Musnahkan BMMN Senilai Rp 450 Juta

Hosting Indonesia

bvn/gung

Bea Cukai Ngurah Rai musnahkan BMMN senilai Rp 450 juta.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai melaksanakan pemusnahan terhadap barang menjadi milik negara (BMMN) aset eks Kepabeanan dan Cukai. BMMN dimusnahkan berasal dari barang tidak dikuasai (BTD) yang termasuk kategori barang larangan dan pembatasan (lartas) dan barang yang dikuasai negara (BDN) hasil tegahan unit pengawasan selama periode April sampai Oktober 2023.

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean Ngurah Rai, Mira Puspita Dewi dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pemusnahan dilakukan terhadap BMMN sebagaimana tercantum dalam 12 Surat Keputusan Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean Ngurah Rai tentang Penetapan BMMN dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp 405.530.000 dan potensi kerugian negara Rp 162.212.000.

Adapun jenis barang dimusnahkan berupa 93 karung atau bal berisi obat-obatan, alat kesehatan, kosmetik, pakaian bekas, sepatu bekas, dan kacamata, barang berupa handphone komputer tablet (HKT, 27 unit handphone dan tablet serta 9 unit laptop, barang elektronik lainnya berupa 12 unit handy talkie, 7 unit barang dekorasi dari hewan seperti tanduk dan tulang, 5 unit speargun, 12 unit tombak speargun, serta barang kena cukai (BKC) berupa 239 kemasan rokok, tembakau iris dan rokok elektrik, 30 batang cerutu, 368 kemasan tembakau snuss, 204 botol (186 liter) minuman mengandung etil alkohol (MMEA) beragam merek.

Pemusnahan BMMN dilakukan dengan cara dibakar untuk Barang Kena Cukai Hasil tembakau seperti rokok, tembakau iris dan tembakau snus dan barang-barang lain yang memungkinkan untuk dibakar, dipecah atau dituang, untuk barang kena cukai berupa minuman mengandung etil alkohol (MMEA), serta barang-barang lain yang memungkinkan untuk dipecah atau dituang, dipotong dan dirusak, untuk barang-barang pajangan dekorasi berbahan dasar tulang hewan, barang elektronik seperti handphone, tablet dan laptop, pakaian bekas serta barang-barang lain yang memungkinkan untuk dipotong dan dirusak.

Baca Juga  Sekda Dewa Indra Jelaskan Pembersihan Alat Peraga dan Atribut Politik Kesepakatan Bersama Dalam Rakorwil Jelang Kunjungan Presiden

“Kegiatan pemusnahan BMMN pada KPPBC Tipe Madya Pabean Ngurah Rai merujuk pada Surat Persetujuan Pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai nomor surat S-187/MK.6/KNL.1401/2023 tanggal 17 November 2023 yang ditandatangani oleh Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang atas nama Menteri Keuangan Republik Indonesia,” paparnya.

Dirinya mengatakan, pemusnahan dilaksanakan secara seremonial di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Ngurah Rai. Selanjutnya, seluruh BMMN dimusnahkan di TPA Suwung. “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Bea Cukai Ngurah Rai dalam menjaga kinerja yang baik serta transparansi kepada masyarakat,” cetusnya.

Dewi menyebutkan, setelah pada November ini, Bea Cukai Ngurah Rai mendapatkan penghargaan sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Terbaik Penyedia Sarana dan Prasarana Ramah Kelompok Rentan serta penghargaan unit penyelenggara pelayanan public kategori “Pelayanan Prima”, diharapkan kinerja pengawasan juga terus ditingkatkan demi melindungi masyarakat dari potensi penyelundupan barang-barang yang berbahaya atau tidak memenuhi ketentuan yang berlaku.

“Seyogyanya kolaborasi ini dapat kita jaga agar senantiasa berada dalam irama yang selaras demi terselenggaranya fungsi pengawasan dan pelayanan kepada masyarakat secara khusus di bidang kepabeanan dan cukai yang semakin baik,” pungkasnya. (bvn4)

Hosting Indonesia