Beranda Bali News Dinakhodai Rikhardus Ikun, Pengurus DPD Peradi Nusantara Bali Dilantik

Dinakhodai Rikhardus Ikun, Pengurus DPD Peradi Nusantara Bali Dilantik

bvn/sar

Ketua DPD Peradi Nusantara Rikhardus Ikun SH, CMSP, CNSP

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Peradi Nusantara Provinsi Bali, Kamis (23/11/2023) resmi dilantik. Pelantikan yang digelar di Natour Bali Hotel Jalan Veteran Denpasar itu dilakukan Ketua Umum DPP Perandi Nusantara Ronald Samuel Wisen, SH, SE, MH, MM, MTH.

Pengurus DPD Peradi Nusantara Bali yang dilantik terdiri atas Rikhardus Ikun SH, CMSP, CNSP selaku ketua didampingi Toto Mourinho, SH selaku sekretaris. Pengurus inti ini dilengkapi dengan wakil ketua, wakil sekretaris, bendahara, wakil bendahara dan sejumlah kepala bidang.

Usai pelantikan, Ketua DPD Peradi Nusantara Bali Rikhardus Ikun menegaskan, Peradi Nusantara merupakan Persaudaraan Advokat Indo Nusantara. “Memang benar yang kami sampaikan bahwa Peradi Nusantara merupakan organisasi advokat yang baru lahir, tepatnya pada 23 Februari 2023,” katanya.

Selanjutnya, ungkap Rikhardus Ikun, pada Kamis (23/11/2023) ini, DPD Peradi Nusantara Bali melaksanakan pelantikan serentak untuk pengurus DPD, pengurus DPC Kota Denpasar, pengurus DPC Kabupaten Badung, dan pengurus DPC Kabupaten Tabanan. Tak menutup kemungkinan untuk DPC-DPC kabupaten lainnya di Bali. Susunan kepengurusan DPD Peradi Nusantara Bali terdiri atas Dewan Kehormatan, Dewan Penasihat, dan pengurus inti DPD yakni ketua, wakil ketua, sekretaris, wakil sekretaris, bendahara dan wakil bendahara, sampai bidang humas dan hubungan antarlembaga.

Saat dikatakan ada 9 asosiasi Peradi, Rikhardus Ikun menyatakan, Peradi Nusantara bukan merupakan bagian dari yang 9 tersebut. “Memang kebetulan saja kalau disingkat namanya Peradi yang kepanjangannya Persaudaraan Advokat Indo Nusantara. Kalau rekan-rekan dari Peradi lainnya itu himpunan, perhimpunan advokat Indonesia. Kalau kami persaudaraan,” tegasnya.

Ditanya soal legalitas atau badan hukum, Rikhardus Ikun menyatakan, pihaknya di Bali sudah terdaftar secara sah di Pengadilan Tinggi, dengan urutan asosiasi advokat nomor 11. “Demikian juga di Kemenkum HAM, akte kami sudah lengkap dan di PT Bali khususnya juga sudah terdaftar,” tegasnya.

Baca Juga  Kasus Baru Covid-19 Bali Bertambah 1.057, Kasus Sembuh Bertambah 696 Orang

Pada kesempatan itu, Rikhardus Ikun membeberkan misi visi yang dilaksanakannya. Sebagai organisasi advokat, Peradi Nusantara tentu akan merekrut sebanyak mungkin advokat maupun calon advokat untuk bergabung, tentu berdasarkan aturan UU yang ada. Kalau berkaitan dengan advokat berarti UU No.18 tahun 2003.

Tujuannya, ujarnya, melaksanakan PKPA yakni pendidikan khusus profesi advokat bekerja sama dengan kampus-kampus yang ada di Bali. Saat ini, pihaknya di Bali sudah menjalin perjanjian kerja sama dengan mitra seperti Fakultas Hukum (FH) Universitas Warmadewa, FH Undiksha Singaraja, dan Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Bali Dwipa.

Khusus untuk di Bali, ujarnya, jumlah anggota sudah mencapai 109 orang dan sekretariat DPD saat ini masih ada di Canggu, Kuta Utara, Badung. “Ya saat ini, jumlah anggota di Bali sudah mencapai 109 orang,” tegasnya. (sar)

 

Hosting Indonesia