Beranda Another Region News Gelar Apel Kesiapsiagaan, Dinsos P3A Bali Peringati HUT Ke-20 Tagana dan Pengukuhan...

Gelar Apel Kesiapsiagaan, Dinsos P3A Bali Peringati HUT Ke-20 Tagana dan Pengukuhan Forum Komunikasi Tagana Provinsi Bali Periode 2024 – 2029

Hosting Indonesia

bvn/hmprov

KESIAPSIAGAAN – Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali Luh Ayu Aryani melaksanakan Apel Kesiapsiagaan, Selasa (26/3).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Tagana ke-20 dan Pengukuhan Forum Komunikasi Tagana Provinsi Bali periode 2024-2029, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali Luh Ayu Aryani melaksanakan Apel Kesiapsiagaan, Pengukuhan Forum Komunikasi Tagana periode 2024-2029, bertempat di halaman Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali, Denpasar pada Selasa (26/3).

Apel yang dipimpin oleh Staf Ahli Gubernur Bali bidang Perekonomian Gede Suralaga selaku pembina upacara membacakan sambutan PJ. Gubernur Bali yang menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Bali mengucapkan selamat ulang tahun ke-20 kepada Tagana Tahun 2024, semoga kontribusi Tagana terhadap bangsa dan negara dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Tagana mempunyai tugas membantu pemerintah dan pemerintah daerah dalam melaksanakan penanggulangan bencana baik pada saat prabencana, saat tanggap darurat maupun saat pascabencana. Ada tugas-tugas penanganan permasalahan sosial lainnya yang terkait dengan penanggulangan bencana. Tagana di samping membantu pemerintah dalam perlindungan sosial, penanggulangan bencana, juga membantu meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam penanggulangan bencana berbasis masyarakat.

“Pemerintah Provinsi Bali sangat mendukung dan mengapresiasi Tagana dalam melaksanakan kewajiban, dan kami mempunyai kewajiban untuk memfasilitasi peningkatan kemampuan dan kualitas Tagana sesuai kapasitas yang dimiliki berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali Luh Ayu Aryani mengatakan, kegiatan peringatan HUT ini selain berupa apel kesiapsiagaan, juga dirangkaian dengan pengukuhan Forum Komunikasi Tagana, pemotongan tumpeng dan pemberian sembako kepada KK miskin dan pemberian 3 buah kursi roda kepada 1 orang disabilitas asal Kabupaten Buleleng dan 2 orang disabilitas asal Kota Denpasar.

Baca Juga  Komit Hadirkan Pelayanan Publik Prima, Provinsi Bali Raih Penghargaan Tertinggi dan Penghargaan Khusus dari Ombudsman RI

Keberadaan Tagana di semua kabupaten/kota sangat membantu dalam meringankan beban masyarakat yang tertimpa bencana karena Tagana selalu siaga dan sebagai garda terdepan serta memfasilitasi masyarakat untuk menerima bantuan pemerintah saat darurat.

Berdasarkan hasil validasi ke 9 kabupaten/kota tahun 2024, jumlah personel Tagana yaitu Klungkung 58 personel, Jembrana 78 personel, Karangasem 54 personel, Bangli 81 personel, Buleleng 83 personel, Denpasar 68 personel, Tabanan 85 personel, Gianyar 60 personel dan Badung 28 Personel sehingga total ada 595 personel.

“Dengan personel yang cukup banyak ini, kami berharap ke depannya Tagana yang ada di Bali semakin kompak, berkolaborasi, saling melengkapi serta dengan adanya kemauan generasi muda menjadi Tagana yang cakap di kebencanaan dengan penguasaan digital yang mumpuni sehingga mengurangi dampak sosial di masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut selanjutnya dikukuhkan pengurus Tagana 2024-2029 dengan koordinator I Gusti Agung Putra Dhyana. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Bali, Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota se-Bali, Kepala Badan SAR Nasional Provinsi Bali, Kepala PMI Provinsi Bali serta pilar-pilar sosial yang ada di Bali. (sar/hmprov)

Hosting Indonesia