Beranda Badung News Made Astika Raih Gelar Doktor Ke-54 Fakultas Teknik Unud

Made Astika Raih Gelar Doktor Ke-54 Fakultas Teknik Unud

Hosting Indonesia

bvn/jubir-unud

I Made Astika sukses meraih gelar doktor di FT Unud.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Program Studi Doktor Ilmu Teknik (PSDIT) menyelenggarakan promosi doktor ke-54 pada Senin, 21 Agustus 2023, di Aula Wiswakamma Fakultas Teknik Universitas Udayana. Promovendus I Made Astika, ST, M.Erg, MT, dengan disertasi berjudul “Peningkatan Performa Termal dan Mekanik Komposit Material Berubah Fase (Phase Change Material, PCM) Dari Lemak Sapi (Beef Tallow) Menggunakan Arang Sekam Padi” menyelesaikan penelitiannya selama 4 tahun 1 bulan dan mendapat predikat sangat memuaskan.

Dalam paparannya, Dr. I Made Astika, ST, M.Erg, MT memaparkan, material berubah fase (Phase Change Materials/PCMs) adalah bahan yang dapat menyerap dan menyimpan energi panas ketika terdapat kelebihan/surplus dan melepaskannya ketika mengalami defisit atas dasar prinsip penyimpanan panas laten. Material berubah fase banyak diterapkan pada sektor bangunan dalam upaya penghematan pemakaian energi, Aplikasi PCM pada lapisan plester akan mampu menyerap dan menyimpan sebagian besar radiasi matahari sehingga dapat meminimalkan efek fluktuasi suhu di bagian dalam bangunan. Oleh karena itu perlu diteliti terkait performa termal dan mekanis dari plaster PCM composite yang akan diaplikasikan pada konstruksi bangunan sebagai bahan lapisan plester. Riset ini menyimpulkan bahwa Plaster PCM composite ini layak digunakan sebagai pelapis dinding bangunan yang berfungsi sebagai penyerap dan penyimpan panas untuk mengurangi fluktuasi temperatur dalam ruangan.

Sebagai ketua sidang adalah Koordinator PSDIT, Prof. Dewa Made Priyantha Wedagama, ST, MT, M.Sc., Ph.D. Promotor, ko-promotor I dan II masing-masing adalah Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, ST, MA.Sc, Ph.D, Prof. I Dewa Gede Ary Subagia, ST, MT, Ph.D, dan Dr. Ir. I Ketut Gede Wirawan, MT.

Bertindak sebagai penyanggah adalah Prof. Dr. Ir. I Ketut Suarsana, MT, Prof. Dr. Ir. I Gusti Ngurah Nitya Santhiarsa, MT, Prof. I Wayan Widhiada, ST, M.Si, Ph.D, Dr. Ir. I Gusti Ngurah Priambadi, MT dan Dr. Ir. Hendra Wijaksana, M.Si. Sedangkan undangan akademik adalah Dr. I Putu Lokantara, ST, MT, Dr. I Gede Putu Agus Suryawan, ST, MT, dan Dr. Dewa Ngakan Ketut Putra Negara, ST, M.Si, dan Dr. Wayan Nata Septiadi, ST, MT. (sar/jubir-unud)

Baca Juga  Kunjungi Lokasi Karantina, Wabup Suiasa Apresiasi Jasa Petugas Medis

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3484-I-Made-Astika-berhasil-meraih-gelar-Doktor-ke-54-Fakultas-Teknik-Unud.html

Hosting Indonesia