Beranda Denpasar News Cegah Stunting, PDI Perjuangan Kota Denpasar Gelar Gerakan Hidup Sehat

Cegah Stunting, PDI Perjuangan Kota Denpasar Gelar Gerakan Hidup Sehat

bvn/hmden

BERI PMT – PDI Perjuangan Kota Denpasar menggelar Gerakan Hidup Sehat, salah satunya dengan pemberian makanan tambahan (PMT).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Keluarga besar PDI Perjuangan Kota Denpasar memperingati HUT ke-50 PDI Perjuangan dan HUT ke-76 Ketua Umum Prof. Dr. (HC) Hj. Megawati Soekarnoputri dengan pelaksanaan gerakan hidup sehat menuju generasi emas. Kegiatan ini dipusatkan di Wantilan Desa Adat Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Senin (23/1/2023).

Hadir dalam kesempatan ini Walikota Denpasar sekaligus Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Jayanegara, SE beserta Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Wakil Walikota Denpasar sekaligus Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, SE, MM beserta Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede, S.H, tokoh masyarakat Desa Peguyangan Kaja sekaligus anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan I Gusti Agung Rai Wirajaya, S.E., M.M, Bendesa Peguyangan Ketut Sutama, Perbekel Desa Peguyangan Kaja I Made Parmita, Lurah Peguyangan I Gede Sudi Arcana, DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar, Sarinah DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar, fungsionaris DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar di legislatif, PAC PDI Perjuangan se-Kota Denpasar, dan Ketua, Sekretaris dan Bendahara Ranting PDI Perjuangan se-Kota Denpasar.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara Gerakan Hidup Sehat menyampaikan, kegiatan gerakan hidup sehat yang diselenggarakan pada peringatan HUT ke-50 PDI Perjuangan dan juga memperingati HUT ke-76 Ketua Umum PDI Perjuangan Prof. Dr. (HC) Hj. Megawati Soekarnoputri yang lahir 23 Januari 1947 untuk bersama-sama bergotong royong mencegah stunting. Pada usia setengah abad PDI Perjuangan mengangkat tema “Genggam Tangan Persatuan dengan Jiwa Gotong Royong dan Semangat Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam” dengan subtema “Persatuan Indonesia untuk Indonesia Raya” dengan Sub Tema “Persatuan Indonesia untuk Indonesia Raya”.

Baca Juga  Jelang Pemilihan Jegeg Bagus Bali Tahun 2022, Wawali Arya Wibawa Berharap Teruna Teruni Denpasar Promosikan Kawasan Heritage

“Dalam peringatan HUT PDI Perjuangan tahun ini juga dirangakaikan peringatan HUT Ketua Umum Ibu Megawati Soekarno Putri kita bersama masyarakat untuk bergotong royong dalam mencegah stunting,” ujar Ngurah Gede.

Dijelaskan pula, kegiatan gerakan hidup sehat, cegah stunting sesuai instruksi DPP PDI Perjuangan untuk bergerak bersama mencegah stunting. Langkah ini sangat penting bagi tumbuh kembang anak sebagai generasi penerus bangsa. Perlu kita pahami bersama bahwa stunting menurut WHO adalah gangguan pertumbuhan anak kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang yang ditandai dengan panjang dan tinggi badan di bawah standar. Stunting adalah masalah yang dibadapi oleh msyarakat akibat kekurangan gizi pada masa tumbuh kembang janin pada masa kandungan.

“Dengan semangat HUT PDI Perjuangan agar kita bersama bergotong royong untuk saling peduli gerakan hidup sehat untuk cegah stunting. Karena balita aset masa depan bangsa Indonesia. Kami selaku kader PDI Perjuangan berterima kasih kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarno Putri atas perhatian luar biasa kepada suku bangsa yang ada di Republik Indonesia ini,” ujarnya.

Selebihnya I Gusti Ngurah Gede juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia pelaksana kegiatan gerakan hidup sehat dalam rangka HUT PDI Perjuangan dan Peringatan HUT Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, jro bendesa adat atas fasilitasi tempat acara di Wantilan Desa Peguyangan, perbekel/lurah yang sudah hadir.

Koordinator HUT PDI Perjuangan Kota Denpasar, Wayan Sutama yang juga anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Denpasar menyampaikan acara ini terselenggara dari tindak lanjut instruksi DPP PDI Perjuangan dalam rangkaian HUT ke-50 PDI Perjuangan dan HUT ke-76 Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri. Kegiatan ini diselenggarakan DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar dalam pelaksanaan kegitan hidup sehat mencegah stunting di Kota Denpasar.

Baca Juga  Pastikan Kelayakan Kendaraan, Kapolresta Denpasar Temui Sopir Truk

“Dalam kegiatan ini kita akan mendapatkan informasi penting terkait pencegahan stunting bagi anak-anak penerus bangsa yang disampikan para pakar dan ahlinya. Kita harapkan informasi ini tidak hanya di dengar namun juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun kegiataan ini bisa berjalan secara bergotong royong semua kader PDI Perjuangan baik eksekutif maupun legislatif, serta terima kasih atas kerja sama panitia sehingga ini bisa berjalan dengan baik,”ujarnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan penyerahan pemberian makanan tambahan (PMT) kepada 171 anak stunting, dan 29 ibu hamil. Penyuapan dan penyerahan PMT dari Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Jayanegara, S.E, Ketua DPC I Gusti Ngurah Gede, dan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa.

Sosialisasi pencegahan stunting yang dibawakan dr. Ida Bagus Ekaputra M.Kes, sosialisasi tentang konseling praperkawinan dari Dr. Ida Ayu Alit Maharatni, sosialisasi tentang reproduksi dari dr. IGN Pramasemara. Di samping itu juga disampaikan sosialisasi gizi dan demo menu sehat oleh Pande Putu Sugiani DCN. M.Kes dan GA Dewi Kusumayanti DCN.M.Kes.

Di samping itu acara pemotongan tumpeng peringatan HUT PDI Perjuangan dan HUT Ibu Megawati Soekarnoputri, serta Ketua DPC PDI Perjuangan I Gusti Ngurah Gede menyerahkan kepada perwakilan ibu-ibu hamil dan stunting. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pemberian doorprize. (sar)

Hosting Indonesia