Beranda Badung News Perkuat Materi, Pansus Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Daerah DPRD Badung Gelar...

Perkuat Materi, Pansus Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Daerah DPRD Badung Gelar Rapat Internal

0
Hosting Indonesia

hmbad

RAPAT INTERNAL – Ketua Pansus Gusti Lanang Umbara didampingi Made Yudana dalam rapat internal Pansus Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Daerah, Senin (4/4).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Panitia Khusus (Pansus) Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Daerah DPRD Badung, Senin (4/4/2022) menggelar rapat internal. Rapat ini, menurut Ketua Pansus yang juga Ketua Komisi II DPRD Badung Gusti Lanang Umbara, lebih untuk memperkenalkan anggota pansus) biar saling mengenal.

Selain perkenalan, rapat internal ini juga untuk melakukan pendalaman dan penguatan materi pansus. “Dengan begitu, ada menjadi bekal untuk penajaman dengan pihak eksekutif,” ujar politisi PDI Perjuangan Dapil Petang tersebut.

Anggota pansus gelar foto bersama.

Ditanya soal target, tegasnya, pihaknya mengharapkan semakin cepat semakin baik. “Di masa persidangan kedua dan ketiga nanti, ranperda ini kami harapkan sudah bisa disahkan dalam sidang paripurna,” tegasnya.

Terkait rencana kunjungan atau studi banding, menurut Lanang Umbara, pertama menuju daerah kabupaten yang sudah memiliki ranperda ini. Kalau bisa, kabupaten yang sudah melaksanakan perda ini. Dengan begitu, apa yang menjadi pengalaman mereka, apa yang menjadi kelebihannya atau kekurangannya betul-betul kita manfaatkan pada saat studi komparasi. “Staf masih menyusuri daerah mana yang akan kita tuju,” tegasnya.

Dia menegaskan lagi, daerah yang akan dikunjungi betul-betul yang sudah memiliki dan melaksanakan terkait perda itu. “Itu yang menjadi penekanan kami,” ujarnya.

Terkait urgensi pembuatan ranperda ini, Lanang Umbara memastikan sangat urgen. “Pansus ini terkait dengan pangan. Pangan itu merupakan kebutuhan pokok kita sebagai manusia sebagai mahluk hidup,” ujarnya.

Selain itu, tegasnya, kita di dunia ini tak bisa lepas juga dari bencana, baik yang disebabkan oleh alam atau oleh manusia. Kadang-kadang pada saat terjadi bencana, ujarnya lagi, cadangan pangan itu kadang-kadang bisa hilang, bahkan kurang. “Inilah yang perlu diantisipasi bersama agar seburuk apa pun situasinya, cadangan pangan untuk masyarakat atau rakyat harus tetap tersedia. Itulah tujuan daripada kita menyusun rancangan seperti ini,” ungkapnya.

Soal rencana pembentukan Badan Pangan Daerah, Lanang Umbara menyatakan itu juga sangat penting. Itu juga akan menjadi satu topik bahasan terkait dengan tata cara cadangan pangan ini. Tentunya di sana ada komponen-komponen. “Kami pikir Badan Pangan itu sangat penting. Nanti kita bahas bersama,” ujarnya menutup wawancara dengan sejumlah wartawan.

Selain Ketua Gusti Lanang Umbara, rapat internal ini juga dihadiri anggota pansus seperti Kadek Suastiari, Made Yudana dan Made Suryananda Pramana, Nyoman Gede Wiradana dan I Wayan Luwir Wiana. Selain itu, hadir juga sejumlah staf ahli Komisi II DPRD Badung. (sar/bvn)

Hosting Indonesia
Artikel sebelumyaPresiden Terima Pansel Pemilihan Calon Anggota Badan Pelaksana dan Dewan Pengawas BPKH
Artikel berikutnyaKasus Baru Covid-19 di Bali Bertambah 32, Kasus Sembuh Bertambah 61 Orang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here