Beranda Another Region News Seorang Nelayan di Kubutambahan Hilang Saat Melaut

Seorang Nelayan di Kubutambahan Hilang Saat Melaut

bvn/gung

NELAYAN HILANG – Tim Basarnas melakukan penyisiran terhadap seorang nelayan yang hilang saat melaut.

 

SINGARAJA (BALIVIRALNEWS) –

Nelayan asal Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, Buleleng dilaporkan hilang saat melaut dan menuju ke Perairan Yeh Sanih, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, Senin (28/8/2023). Korban atas nama I Kadek Sunarna (45) mulai melaut sekitar pukul 02.00 wita seorang diri dengan menggunakan jukung. Biasanya pada pukul 15.00 wita, ia sudah kembali, namun sampai dengan petang ia tak kunjung terlihat.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) memperoleh informasi dari Danpos AL Celukan Bawang pada pukul 21.20 Wita. Laporan itu segera direspons dengan memberangkatkan 4 personel Pos SAR Buleleng menuju Pantai Yeh Lembu.

Sebelum memulai pencarian, tim berkoordinasi dahulu bersama pihak keluarga. Dengan jarak pandang terbatas, pencarian awal dilakukan dengan penyisiran darat, namun tidak berhasil menemukan tanda-tanda keberadaan Kadek Sunarna. Tim sempat mendapatkan informasi bahwa salah satu nelayan Segara Lukluk melihat sebuah sampan yang memiliki ciri-ciri mirip.

“Sampan yang digunakan melaut berciri putih dengan garis bawah biru bertuliskan Sumber Rejeki di lambung kanan dan kiri. Sekitar pukul 09.00 wita terlihat di seputaran rumpon knalpot, yakni radius 42 Km dari pesisir Pantai Yeh Lembu arah timur laut,” ungkapnya.

Sebanyak 7 orang personel Pos SAR Buleleng dan unsur SAR lainnya dibagi dalam 2 area pencarian, yakni penyisiran di darat dan laut. SRU laut menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) bergerak dari Pelabuhan Celukan Bawang, Sangsit sekitar pukul 06.25 Wita.

“Upaya pencarian kemarin belum bisa dimaksimalkan karena kondisi gelap dan hari ini tim sudah kembali bergerak sejak pagi menggunakan RIB dengan fokus pencarian di lokasi yang dicurigai terlihat sampan serupa,” terang Kepala Kantor Basarnas Bali, I Nyoman Sidakarya dalam keterangan tertulisnya di Denpasar

Baca Juga  Pembangunan Rampung, SMP Negeri 14 Dipelaspas dan Digelar Upacara Rsi Gana

Dia mengatakan, selain pengerahan Alut RIB Basarnas Bali, upaya pencarian juga menggerakkan Rubber Boat Polairud Polres Buleleng dan Speed Boat Polair Polda Bali. Namun sampai saat ini tim SAR gabungan masih melakukan upaya pencarian.

“SRU laut yang berada di RIB Basarnas Bali juga melaksanakan pencarian seputaran rumpon yang dilewati dan berkomunikasi dengan nelayan untuk menginformasikan adanya nelayan hilang, jika menemukan tanda-tanda bisa melaporkan,” jelas Sidakarya.

Dia menambahkan, Tim SAR gabungan yang terlibat operasi SAR di antaranya dari Basarnas Bali, TNI AL Pos Celukan Bawang, Polairud Polres Buleleng, Polairud Dir Polda, Bhabinkamtibmas, Bhuana Bali Rescue, Kepala Desa Bungkulan, Polsek Sawan, BPBD Buleleng, Pol PP Sawan dan pihak keluarga serta masyarakat setempat. (bvn4)

Hosting Indonesia