Beranda Badung News Sosialisasi Pembentukan Desa “Getting To Zero” di Kecamatan Mengwi, Wabup Suiasa: Tingkatkan...

Sosialisasi Pembentukan Desa “Getting To Zero” di Kecamatan Mengwi, Wabup Suiasa: Tingkatkan Kepedulian Masyarakat Menuju 3 Zero AIDS

Hosting Indonesia

bvn/hmbad

GETTING TO ZERO – Wabup Ketut Suiasa menghadiri sekaligus membuka acara Sosialisasi Pembentukan Desa Getting To Zero di Kecamatan Mengwi, di Ruang Pertemuan Kantor Camat Mengwi, Kamis (16/5).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa yang juga selaku Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Badung menghadiri sekaligus membuka acara Sosialisasi Pembentukan Desa “Getting To Zero” di Kecamatan Mengwi, bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Camat Mengwi, Kamis (16/5).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis Kesehatan Badung dr. Made Padma Puspita, Sekretaris Camat Mengwi IB Suryana, UPTD Puskesmas Mengwi I, II, III, perwakilan tingkat desa/kelurahan se-Kecamatan Mengwi, petugas Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Badung, petugas lapangan desa/kelurahan di wilayah Kecamatan Mengwi dan narasumber.

Wabup Suiasa mengatakan, Desa Getting To Zero merupakan program inovasi aksi aktual yang digerakan dari desa untuk dapat mencapai Badung Getting To Zero untuk mengakhiri epidemi HIV/AIDS 2030. Maka dari itu diperlukan perhatian, komitmen dan dukungan nyata dari semua pihak utamanya dari desa dalam upaya pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS. Selain itu penyebarluasan informasi yang benar kepada masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kepedulian dan peranan dari masyarakat menuju 3 Zero AIDS di antaranya Zero Infeksi Baru HIV AIDS, Zero Kematian Akibat HIV AIDS, dan Zero Stigma atau Diskriminasi terhadap penderita HIV AIDS.

“Mudah-mudahan melalui acara sosialisasi pembentukan getting to zero di Kecamatan Mengwi ini dapat berkontribusi dalam upaya mengatasi berbagai persoalan serius sehingga dapat menyelamatkan Badung khususnya Kecamatan Mengwi dari ancaman HIV AIDS dan dapat dijadikan sebagai momentum untuk mempercepat ending AIDS di tahun 2030 melalui komitmen pada tingkat lokal dan sebagai upaya penguatan kesadaran kolaborasi pengembangan inovasi kemandirian masyarakat dalam mencegah infeksi dan penularan HIV AIDS,” harapnya.

Baca Juga  LPPM Unud Laksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dalam Bentuk Pelayanan Kesehatan Umum

Kadis Kesehatan Badung dr. Made Padma Puspita mengatakan, acara sosialisasi ini merupakan kegiatan yang sangat penting karena di tahun 2023 kita sudah melaksanakan Getting To Zero di 3 desa yang ada di Kecamatan Mengwi yakni di Desa Werdi Buana, Desa Pererenan dan Desa Penarungan. “Ke depannya kita semua harus bersinergi karena masalah HIV AIDS ini tidak bisa ditangani oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, Komisi Penanggulangan Kabupaten Badung atau instansi-instansi lainnya. Untuk itu kita semua pihak harus bersinergi mulai dari tingkat desa/kelurahan agar tidak lagi ada kasus baru atau peningkatan dan penularan HIV AIDS di Kabupaten Badung khususnya di Kecamatan Mengwi. Melalui kegiatan sosialisasi hari ini agar diikuti dengan sungguh-sungguh dan serius agar dapat nantinya memberikan informasi kepada masyarakat tentang penyebab, pencegahan dan penularan terhadap infeksi virus HIV/AIDS ini, ” ungkapnya. (dev/hmbad)

Hosting Indonesia