Beranda Berita Utama Sukseskan Program Pembangunan, Wawali Arya Wibawa Harapkan TP PKK Kota Denpasar dan...

Sukseskan Program Pembangunan, Wawali Arya Wibawa Harapkan TP PKK Kota Denpasar dan Pemerintah selalu Bersinergi

Hosting Indonesia

ist

RAKERDA PKK – Wawali Arya Wibawa membuka Rakerda TP PKK Denpasar tahun 2021, Jumat (4/6/2021).

 

DENPASAR (BALIVIRALNEWS) –

Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Tahun 2021 di Gedung Sewaka Dharma Lumintang Denpasar Jumat (4/6). Acara ini dihadiri juga Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar IB Alit Wiradana

Dalam kesempatan itu Kadek Agus Arya Wibawa mengucapkan terima kasih kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar beserta jajaran yang telah melaksanakan rakerda dengan maksimal dan memperhatikan protokol kesehatan. Rakerda TP PKK Kota Denpasar terselenggara di bulan Juni merupakan bulan Bung Karno. Semoga ajaran Tri Sakti Bung Karno dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita semua dalam melaksanakan program pembangunan mewujudkan masyarakat yang tangguh menuju Indonesia maju.

“Semangat dan ajaran Tri Sakti Bung Karno sangat relevan dan patut kita jadikan pijakan dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa dan daerah, sebab mempunyai makna dan kebijakan bagi kesehahteraan masyarakat,” ungkap Arya Wibawa.

Lebih lajut Arya Wibawa mengatakan, bulan Bung Karno jika dilihat dengan pelaksanaan implementasi 10 program pokok PKK memiliki satu tujuan dalam mensejahterakan. Untuk itu melalui Rakerda TP PKK Kota Denpasar tentunya ajaran Tri Sakti Bung Karno yang dilandasi oleh semangat “Vasudhaiva Kutumbakam (menyama braya)” akan menjadi pondasi yang kuat bagi TP PKK Kota Denpasar dalam upaya memberdayakan masyarakat melalui penguatan keluarga.

Arya Wibawa juga mengatakan, rakerda seperti ini tentunya akan menjadi ajang dan wadah bagi seluruh pengurus PKK secara berjenjang dalam melakukan penyamaan persepsi dan kesatuan pemahaman dalam melaksanakan implementasi 10 program pokok PKK di masyarakat.

Baca Juga  Gubernur Koster Tinjau Perkembangan Pembangunan Kawasan Pusat Kebudayaan Bali di Desa Gunaksa

Mengingat PKK merupakan mitra kerja pemerintah yang sangat luar biasa karena melalui PKK seluruh komponen masyarakat diberdayakan, pendekatan penguatan ketahanan keluarga yang merupakan unsur terkecil dari suatu masyarakat dan bangsa menjadi bentuk kinerja PKK. “Melalui Rakerda TP PKK Kota Denpasar ini saya harapkan Tim Penggerak PKK Kota Denpasar dapat terus bekerja sama dengan seluruh stakeholder dan OPD terkait sehingga implementasi 10 program PKK dapat terus mendukung pembangunan Kota Denpasar menuju terwujudnya Denpasar kreatif berbasis budaya menuju Denpasar maju (makmur, aman, jujur dan unggul),” harapnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, dalam pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat PKK berlandasakan pada 10 program pokok PKK. Berdasarkan hasil Rakerda IX TP PKK pusat implementasi 10 program pokok PKK lebih ditekankan kepada apa dan bagaimana kebutuhan masyarakat yang berkembang dewasa ini. Melihat perkembangan dan dinamika kehidupan masyarakat yang terus mengalami perubahan, sangatlah perlu dilakukan pengambilan kebijakan terhadap bentuk-bentuk program prioritas yang akan menjadi dasar acuan bagi Tim Penggerak PKK dalam melaksanakan berbagai bentuk pembinaan-pembinaan dalam upaya memberdayakan seluruh lapisan masyarakat.

Pelaksanaan Rakerda PKK tahun 2021 ini tentunya akan menjadi media sosialisasi program-program unggulan PKK sehingga akan dapat membangun satu bentuk kesatuan program secara berjenjang dan berkesinambungan sampai dengan kelompok PKK terbawah.

Ketua Panitia I Gusti Agung Sri Wetrawati menambahkan, materi dalam Rakerda TP PKK Kota Denpasar tahin 2021 adalah proses perencanaan pembangunan dari Bappeda Kota Denpasar, penganggaran APBDes dalam menunjang kegiatan 10 program pokok PKK oleh Kepala Bidang Administrasi Pemerintah Desa, Dinas PMD Kota Denpasar dan tata kelola kelembagaan PKK sesuai dengan Pemendagri Nomor 36 tahun 2020 oleh Ketua Bidang III TP PKK Kota Denpasar.

Baca Juga  Presiden Tegaskan Biaya Haji Tahun 2023 Masih Dikaji

Peserta rakerda ini terdiri atas pengurus TP PKK Kota Denpasar sebanyak 34 orang, Ketua TP PKK Kecamatan beserta seketaris se-Kota Denpasar 8 orang dan Ketua TP PKK Desa/Kelurahan beserta sekretaris se-Kota Denpasar sebanyak 86 orang.

Editor Wes Arimbawa

Hosting Indonesia