Beranda Badung News Prodi Teknik Sipil FT Unud Sukses Jadi Tuan Rumah ICGCEE 2023

Prodi Teknik Sipil FT Unud Sukses Jadi Tuan Rumah ICGCEE 2023

Hosting Indonesia

bvn/jubir-unud

SUKSES TUAN RUMAH – Prodi Teknik Sipil FT Unud sukses menjadi tuan rumah ICGCEE 2023, Selasa (8/8/2023) hingga Kamis (10/8/2023).

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Departemen Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Malang selaku host menggandeng Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana dan Universitas Warmadewa menjadi Co-Host pada The 3rd International Conference on Green Construction and Civil Engineering Education (ICGCEE 2023) yang diadakan pada tanggal 8-10 Agustus 2023 bertempat di Prime Plaza Hotel Sanur, Bali. Kegiatan ini merupakan konferensi gabungan antara ICCEE (International Conference on Civil Engineering Education) dan GCEE (Green Civil and Enviromental Engineering).

Kegiatan ini diikuti lebih dari 150 partisipan yang berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Jepang, dan Amerika Serikat. Latar belakang partisipan pun beragam, seperti akademisi, mahasiswa, praktisi, peneliti, dan lembaga pemerintahan. Topik karya ilmiah yang dipresentasikan berfokus pada keberlanjutan dan permasalahan lingkungan seperti pengelolaan limbah dan manajemen bangunan hijau, teknologi berkelanjutan untuk perkerasan jalan, desain struktur inovatif untuk bangunan tinggi dan infrastruktur, kota berkelanjutan dan forensik arsitektur pemrosesan struktur/infrastruktur.

Pada hari pertama dilaksanakan upacara pembukaan yang diiringi oleh pertunjukan Tari Cenderawasih persembahan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Udayana. Setelah itu, plenary session yang dimoderatori oleh Prof. I Nyoman Arya Thanaya dengan keynote speaker Prof. Chikako Fujiyama dari Jepang dan Prof. Mohd. Haziman Bin Wan Ibrahim dari Malaysia. Kegiatan dilanjutkan dengan parallel session dan pada malam harinya dilaksanakan gala dinner untuk seluruh peserta dan panitia, kegiatan ini diiringi oleh musik dan tarian dari mahasiswa Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana.

Pada hari kedua, konferensi dibuka oleh plenary session yang dimoderatori oleh Apif Miftahul Hajji, Ph.D, dengan invited speaker yaitu Assoc. Prof. Yaghoob Amir Farnam dari Amerika Serikat dan Assoc. Prof. Kariyadi dari Universitas Negeri Malang. Kegiatan dilanjutkan dengan parallel session dan ditutup dengan pengumuman best presenter pada upacara penutupan.

Baca Juga  Modification Contest 2022, Awali D'Youth Fest 2.0

Pada hari ketiga, dilaksanakan kegiatan field trip menuju Desa Penglipuran, Bangli. Partisipan juga mengunjungi Yayasan Bambu Lingkungan yang merupakan penggerak komunitas restorasi landscape dan hutan berkelanjutan di Indonesia.

Teknik Sipil Universitas Udayana turut mengirimkan lebih dari 15 presenter yang membawakan karya ilmiah hasil penelitiannya, 3 orang di antaranya merupakan mahasiswa angkatan 2021 dan 2022 di Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana yang turut serta bertugas sebagai panitia. Ketiga orang mahasiswa tersebut membawakan topik pemanfaatan limbah sebagai material konstruksi. Hal ini diharapkan mampu memberikan pengalaman untuk mahasiswa berinteraksi dengan partisipan dalam kegiatan internasional. (sar/jubir-unud)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3412-Teknik-Sipil-FT-Unud-Sukses-menjadi-Tuan-Rumah-ICGCEE-2023.html

Hosting Indonesia