Beranda Badung News Jelang Pemilu 2024, Dukcapil Badung Layani Perekaman e-KTP Siang atau Malam Hari

Jelang Pemilu 2024, Dukcapil Badung Layani Perekaman e-KTP Siang atau Malam Hari

Hosting Indonesia

bvn/sar

Kadis Dukcapil Kabupaten Badung AA Ngurah Arimbawa.

 

MANGUPURA (BALIVIRALNEWS) –

Pemilu 2024 menjadi pekerjaan besar bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Badung. Dinas ini bertugas untuk menuntaskan DP4 yang sudah dikirim oleh pusat. Usia gen-Z atau usia milenial pada saat pemilihan nanti, 14 Februari 2024, sudah bisa menggunakan hak pilihnya. Hal tersebut diungkapkan Kadis Dukcapil Badung AA Ngurah Arimbawa saat ditemui di kantornya Rabu (10/1/ 2024).

Untuk bisa menggunakan hak pilihnya, ujar mantan Camat Kuta Utara tersebut, kalangan milienial harus sudah menagntongi e-KTP. Untuk itu, pihaknya sejak 2023, berusaha menuntaskan DP4 yang dikirim pusat pada Juli 2023. Tercatat 6.000 lebih by name by addres, sekarang tinggal 200-an orang yang belum melakukan perekaman.

Menurutnya, perekaman sudah dilakukan sejak kaum milenial atau gen-Z ini berusia 16 tahun. Perekaman menyangkut data kependudukan, iris mata, sidik jari, dan foto wajah. “Begitu memasuki usia 17 tahun, tinggal menerbitkan e-KTP-nya. Ini bentuk dukungan Dukcapil untuk suksesnya pemilu 2024,” tegasnya lagi.

Suksesnya perekaman ini, tegasnya lagi, didukung oleh ketersediaan keping e-KTP dalam jumlah cukup. Karena itu, masyarakat tak perlu khawatir lagi tidak memperoleh e-KTP karena blangko e-KTP tersedia dalam jumlah yang cukup di Kabupaten Badung ini. “Tak perlu khawatir, blanko e-KTP tersedia dalam jumlah cukup, tak perlu khawatir,” tegas pejabat asal Desa Selat, Abiansemal tersebut.

Ditanya kiat suksesnya untuk menyukseskan perekaman ini, AA Ngurah Arimbawa menyatakan, pihaknya melakukan jemput bola serta mendirikan gerai di desa. Siang malam dan disesuaikan dengan kesempatan masyarakat. “Kalau masyarakat pagi sampai siang ada kesibukan, seperti kerja atau sekolah, pihaknya melakukan perekaman di sore atau malam hari,” ungkapnya.

Baca Juga  Bangga, 3 Mahasiswa Prodi Teknologi Pangan Raih Juara II Lomba Poster Dalam Ajang Nasional “Macaron”

Karena itu, pihaknya senantiasa berkolaborasi dengan perbekel, camat, termasuk dengan kelian banjar dan kepala lingkungan atau kaling. Layanan Dukcapil tak hanya menyangkut e-KTP tetapi semua kebutuhan seperti akte-akte kependudukan. Dengan layanan jemput bola ini, Dukcapil Badung pun sukses meraih persentase perekaman tertinggi di Bali. (sar)

 

Hosting Indonesia